Kamis, 10 Desember 2009

Agus Wardoyo Berjuang Menjadi Nadia

Agus Wardoyo (30), warga Kalilangsir, Kelurahan Gajah Mungkur, Kota Semarang, tengah berjuang untuk mendapatkan pengakuan hukum untuk berganti jenis kelamin dari laki-laki menjadi perempuan di Pengadilan Negeri Kabupaten Batang. Agus Wardoyo yang kini menghabiskan hidupnya di "Omah Rakyat" milik aktivis LSM Batang, Handoko Wibowo, ini di Batang, Kamis (10/12/2009), mengatakan, dirinya optimistis Pengadilan Negeri Batang akan mengesahkan statusnya menjadi seorang wanita. "Saya berusaha PN Batang bisa mengesahkan statusnya sebagai seorang wanita. Sesuai dengan akte kelahiran memang saya berjenis kelamin laki-laki, tetapi semoga putusan PN Batang dapat mengesahkan menjadi seorang wanita," katanya.
Agus Wardoyo yang kini mengubah namanya menjadi Nadia ini mengatakan, dirinya akan tetap berjuang mengubah statusnya dari lelaki menjadi perempuan. "Saya sudah melakukan operasi kelamin di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sutomo di Surabaya. Mudah-mudahan PN Kabupaten Batang bisa mengesahkan saya menyandang status jenis perempuan," katanya.
Bambang Sugiyanto (57) dan Witem (56), orangtua Nadia, mengatakan, akan terus mendampingi anak bungsunya di PN Batang dalam memperjuangkan statusnya. "Semula saya tidak setuju saat mengetahui Agus berganti kelamin wanita. Namun, dengan pertimbangan demi kebaikan anak saya sendiri, dengan legawa merestuinya," katanya.
Nadia merupakan bungsu dari empat bersaudara dan semasa kecilnya dihabiskan bersama orangtuanya di Kalilangsir Nomor 646, Kelurahan Gajah Mungkur, Semarang Selatan. Namun, saat ini dirinya dan orangtuanya menjalani kehidupannya di "Omah Rakyat" di Dukuh Cepoko, Desa Tumbrep, Kecamatan Bandar.
Nadia mengaku, sejak kecil sudah menunjukkan tanda-tanda sikap feminin. Namun, sebagai seorang laki-laki semua prosedur dijalaninya, seperti berangkat sekolah tetap menggunakan celana layaknya laki-laki normal. "Saya menghargai prosedur sebagai seorang laki-laki dengan tetap memakai celana. Namun, hati kecil saya menolak karena memang sejak kecil saya sudah seperti wanita,"katanya KOMPAS.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar